TIPS AGAR BISA BANGUN SHOLAT TAHAJJUD

Tips Agar Bangun Untuk Sholat Tahajjud Di Sepertiga Malam
Awalnya memang berat, tetapi akan menjadi terbiasa asal istiqomah melakukannya.

1. Tidurlah paling lama jam 10 malam.
Kebiasaan tidur yang larut malam itu tidak baik, Rasulullah Saw sendiri pun menganjurkan bagi umatnya untuk tidak tidur larut malam. Jadi, kalau mau bangun di sepertiga malam, jangan tidur terlalu larut malam! Maksimal jam 10.00 sudah harus tidur kurang dari jam 10.00 lebih baik.

2. Wudhu dan Minum Segelas Air Putih
Seperti yang kita tahu, bahwa Allah Swt senang dengan hamba – Nya yang selalu bersuci alias berwudhu. Jadi bersucilah sebelum tidur, karena “Kebersihan adalah sebagian dari iman”, sehingga meski kita dalam keadaan tertidur, iman kita masih terjaga.

Lalu, setelah kita berwudhu atau sebelum kita berwudhu, minumlah segelas air putih, jangan lupa membaca Basmallah sebelum minum! Ini penting, sebab, air putih itu akan membuat tidur kita lebih tenang, dan membuat kondisi badan kita menjadi lebih segar ketika bangun.

3. Niatkan Dengan Sungguh – Sungguh
Sebelum kita tidur, tepatnya ketika kita sedang berbaring di tempat tidur. Niatkanlah dalam hati untuk bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan Sholat Tahajud. Niatkanlah dengan sungguh – sungguh, Lalu berdoalah kepada Allah Swt, minta kepada – Nya untuk dibangunkan di waktu sepertiga malam.

4. Baca Al – Qur’an
Setelah kita niatkan dengan sungguh – sungguh, kita harus ikhtiar. Ikhtiarnya ya dengan cara mambaca ayat suci Al-Qur’an. Kalau bisa bacalah surat Al-Waqi’ah, An-Nashr, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, dan Al-Fatihah. Kalau tidak bisa semuanya paling tidak dari An-Nashr sampai Al-Fatihah.

5. Baca Doa Sebelum Tidur
Ini adalah tahapan yang paling akhir. Bacalah doa sebelum tidur. “Bismika Allahumma Ahya Wa Bismika Amut”.

6. Tidurlah Dengan Posisi Badan Menghadap ke Kanan
Tidur dengan posisi badan menghadap ke arah kanan adalah cara tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Jadi, harus dan wajib kita tiru.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s