Contoh Naskah Pembawa Acara Akad Nikah Agama

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Contoh Naskah Pembawa Acara Akad Nikah AgamaGambar


Susunan acara Akad Nikah Agama yang mungkin bisa anda tirukan atau anda buat sebagai referensi di acara akad nikah agama anda atau teman dan sahabat. di sini hanya sebagai contoh saja jadi silahkan semoga bermanfaat untuk anda sekalian.

Contoh Naskah Pembawa Acara Akad Nikah Agama
 

ACARA AKAD NIKAH

Hadirin sekalian yang kami hormati,
Calon pengantin berdua yang kami sayangi,
Bapak Abdulah Faqih sohibul hajat yang kami hormati,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah dengan tulus ikhlas kita bersama-sama bersyukur kepada Allah SWT, atas rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya, atas rizki dan karunia-Nya kepada kita semuanya, sehingga dalam malam yang berbahagia penuh barokah ini kita seluruhnya dapat berkumpul bersama-sama mensyukuri sekaligus menyaksikan acara akad nikah calon mempelai berdua, ananda Agung Wiranata dan Siti Zulaika.

Hadirin yang berbahagia, pada malam yang berbahagia ini pula, telah kami susun acara akad  nikah ini sebagai berikut :

1. Pembukaan, yang sekaligus telah kami bawakan
2. Pembacaan Kalam Illahi dilanjutkan dengan sari tilawah
3. Sambutan pihak mempelai Pria
4. Sambutan  pihak mempelai Wanita
5. Pembacaan khutbah nikah
6. Pembacaan Istigfar, Sholawat
7. Pembacaan Syahadat Nikah/ Walimah
8. Ijab dan Qobul
9. Doa

10. Penyerahan mas kawin dari pengantin pria ke pengantin wanita dilanjutkan dengan mencium tangan pengantin pria oleh pengantin wanita

11. DOA pengantin pria

12.Penanda tanganan SURAT BUKTI NIKAH diatas materai oleh kedua pengantin, para saksi dan wali

13. Ucapan selamat dari yang hadir

14. Ramah tamah tamah dan penutup
 
Untuk memanfaatkan waktu, marilah kia mulai saja acara selanjutnya, yakni pembacaan Kalam Illahi dan sari tilawah, yang segera akan dibawakan oleh adik kami berdua nanda Dewi Lestari dengan Ricky Prasetyo. Untuk itu segera saja kami persilahkan nanda berdua tersebut, adik Dewi Lestari dan Ricky Prasetyo kami persilahkan.

***** PEMBACAAN KALAM ILLAHI DAN SARI TILAWAH *****

Hadirin yang kami hormati, sebagaimana layaknya adat kita maka atas nama keluarga calon mempelai wanita memberikan kesempatan kepada pihak calon  mempelai pria untuk memberikan sekapur sirih, sebagai amanat keluarga menyerahkan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita. Untuk itu segera saja kami serahkan kepada yang mewakilinya. Yang terhormat wakil keluarga calon pengantin pria kami persilahkan!

***** SAMBUTAN WAKIL CALON PENGANTIN PRIA *****

Terima kasih Bapak Drs. Widodo yang telah dengan ikhlas penuh kesungguhan telah menyampaikan amanat pengantin pria sekeluarga kepada Bapak Mohammada Amin sebagai orang tua pengantin wanita.
Selanjutnya, kiranya tepat sekali jika segera kesempatan berikutnya kami serahkan kepada pihak keluarga pengantin wanita, yang dalam hal ini akan diwakili oleh Bapak Mohammad Amin. untuk itu yang terhormat Bapak Mohammad Amin kami persilahkan!

***** SAMBUTAN WAKIL CALON PENGANTIN WANITA *****

Hadirin dan hadirat yang kami muliakan. Sementara pengantin mempelai berdua bersanding menikmati belaian kasih bak raja sehari di singgasana, kami persilahkan hadirin menikmati hidangan yang telah disajikan.
Selanjutnya seiring doa semoga mempelai berdua berbahagia bersama keluarga selamanya di atas ridla Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, marilah sejenak kita jelang acara berikutnya, yakni khutbah nikah, sekapur sirih santapan rohani tentang suka dan duka membentuk mahligai bersama bak sebuah bahtera yang senantiasa tidak sepi menerpa dan diterpa gelombang untuk menuju ke pantai impian. Untuk itu hadirin kami persilahkan mencermati dan menghayati khutbah nikah yang akan
segera disampaikan oleh Bapak Kyai H. Ali Imron. Selamat mengikuti khutbah nikah, dan kepada Bapak Kyai H. Ali Imron yang terhormat kami persilahkan!

***** KHUTBAH NIKAH OLEH BAPAK KYAI H ALI *****

Terima kasih Bapak Kyai H. Ali Imron, semoga nasehat, petuah dan kajian Bapak tadi dapat, dihayati, dan diamalkan tidak saja oleh mempelai berdua, namun juga mudah-mudahan dapat diamalkan oleh para hadirin dan hadirat semuanya. Amin!
Hadirin yang dimuliakan Allah tibalah saat yang ditunggu tunggu yaitu acara Ijab dan Qobul, Untuk itu kami persilahkan Bapak Kyai H. Ali Imron, kiranya berkenan memimpin acara ijab dan qabul yang terlebih dahulu diawali dengan Istigfar,sholawat dan syahadat nikah. Kepada Bapak Kyai H. Ali Imron kami persilahkan!

***** ACARA IJAB DAN QABUL *****

Terima kasih kepada Bapak Penghulu Kyai H. Ali Imron yang telah menikahkan putra kami nanda Agung dengan Siti, Hadirin semua yang kami muliakan, agar mendapat syafaat dan berkah untuk pengantin dan kita semua dari Tuhan Yang Maha Kuasa, maka marilah kita berdoa bersama-sama sekaligus mendoakan semoga  pengantin berdua benar-benar hidup sejahtera lahir dan batin selamanya di dunia hingga akhirat, beserta sejawat, keluarga, dan kedua orang tua masing-masing. Doa dipimpin oleh Bp Penghulu Nikah Kyai H. Ali Imron kepada Bapak Penghulu saya persilahkan, .Hadirin yang berbahagia, acara selanjutnya adalah acara penyerahan mas kawin dari pengantin pria ke pengantin wanita dilanjutkan mencium tangan mempelai pria oleh mempelai wanita, ditutup dengan doa pengantin pria :

 

Doa Pengantin Pria

Ya Allah,
jadikanlah pernikahan kami pernikahan yang barakah
pembuka pintu rahmat bagi kami, keluarga kami dan ummat
penyempurna keislaman kami
tungku tempat kami menempa sabar dan syukur
sekolah tempat kami belajar menjadi dewasa
jalan kami menggapai cinta-Mu

Ya Allah,
ampuni dosa-dosa kami
maafkan segala khilaf kami
luruskan niat kami
sucikan hati kami
kuatkan tekad kami
bimbing kami
lindungi kami dari segala tipu daya syaitan
agar kami dapat menapaki jalan baru ini, demi menggapai ridho-Mu

Ya Allah,

anugerahkanlah kepada kami pasangan hidup kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati (kami), dan jadikan kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ 

Ya Allah! Sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan perempuan atau pembantu ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya. Dan aku mohon perlindungan kepadaMu dari kejelekan perempuan atau pembantu ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya.

 

Amiiin.

 

Selesai pengantin pria berdoa maka mempelai berdua menandatangani SURAT KETERANGAN MENIKAH AGAMA dilanjutkan para saksi dan wali. Selanjutnya marilah kita jelang saja acara ramah tamah ini dengan memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai yang kemudian dilanjutkan dengan santap malam bersama.

Untuk semuanya itu maka segera kami persilahkan dengan hormat hadirin secara bergantian memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai, kami persilahkan.

***** ACARA PEMBERIAN SELAMAT *****

Sambil menunggu selesainya acara pemberian ucapan selamat, maka kami persilahkan hadirin yang sudah selesai menuju ke tempat hidangan yang sudah kami persiapkan. Selanjutnya kami persilahkan hadirin menikmati hidangan tersebut.
Selamat bersantap malam.

***** ACARA SANTAP BERSAMA *****

Hadirin dan hadirat yang kami muliakan, dengan selesainya seluruh acara demi acara malam akad nikah nanda mempelai berdua, Siti Zulaika dan Agung Wiranata maka berakhirlah akad nikah malam ini. Dengan hormat, kami atas nama keluarga menyampaikan banyak-banyak terima kasih, kepada hadirin kami persilahkan  menikmati hidangan hingga selesai.

Atas nama keluarga mempelai berdua, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih, mohon maaf sebesar-besarnya jika saja ada sesuatu dalam acara akad nikah ini yang kurang atau tidak berkenan di hati hadirin dan hadirat.

Terima kasih, Wassalamualaikum wr. wb.

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s