Contoh Naskah Pembawa Acara /MC Akad Nikah Agama 1

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

Contoh Naskah Pembawa/MC Acara Akad Nikah Agama 1Image
Disusun oleh Ari Suparli  Jasa Penghulu Nikah No Telp 0852.1115.0062

ACARA AKAD NIKAH

Hadirin sekalian yang kami hormati,
Calon pengantin berdua yang kami sayangi,
Bapak Abdulah Faqih sohibul hajat yang kami hormati,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama , marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena atas limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya lah kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat guna menghadiri acara akad nikah Saudara Agung Wiranata dengan saudari Siti Zulaika

Tidak lupa shalawat serta salam senantiasa kita limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu ’Alaihi Wa Sallam, beserta keluarga , dan para sahabat dan pengikutnya sampai akhir zaman. Aamiin

Hadirin yang berbahagia,

Hari ini kita semua datang atas undangan keluarga kedua pengantin untuk menyaksikan akad nikah saudara Agung Wiranata dengan Saudari Siti Zulaika sekaligus memberi doa restu bagi mempelai berdua yang akan mengarungi hidup baru Semoga berbahagia, mendapat petunjuk, dan jalan yang lurus dari Allah, sabar dan tawakkal dalam menghadapi cobaan dan rintangan. Serta dapat membina keluarga sakinah mawaddah warahmah.Aaminnn YRA

Bapak Penghulu dan hadirin sekalian yang dirahmati Allah, sebelum acara demi acara kita lalui marilah kita buka acara ini dengan bacaan Surat Al-Fatihah, agar kita semua mendapat petunjuk dan barokah dari Ummul Qur’an tersebut.

 

Al-Faatihah

 

Terima kasih atas bacaan surat al-Fatihah tadi, semoga acara pada hari ini akan berjalan dengan lancar dan mendapat ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan segala rahmat dan berkah- Nya.


Hadirin yang berbahagia, pada malam yang berbahagia ini pula, telah kami susun acara akad  nikah ini sebagai berikut :

1. Pembukaan, yang sekaligus telah kami bawakan
2. Pembacaan Kalam Illahi dilanjutkan dengan sari tilawah
3. Sambutan pihak mempelai Pria
4. Sambutan  pihak mempelai Wanita
5. Prosesi akad nikah diawali dengan pembacaan khutbah nikah
6. Pembacaan Istigfar, Sholawat
7. Pembacaan Syahadat Nikah/ Walimah
8. Acara inti Ijab dan Qobul dipimpin oleh penghulu
9. Doa penutup prosesi

10. Serah terima mahar/mas kawin dari pengantin pria ke pengantin wanita dan penyematan cincin/kalung dilanjutkan dengan mencium tangan pengantin pria oleh pengantin wanita

11. DOA pengantin pria

12.Penanda tanganan SURAT BUKTI NIKAH diatas materai oleh kedua pengantin,wali dan saksi.

13.Tausiyah

14.Acara sungkeman ke orang tua/wali

15. Ucapan selamat dari yang hadir

16. Ramah tamah  dan penutup
 
Untuk memanfaatkan waktu, marilah kia mulai saja acara selanjutnya, yakni pembacaan Kalam Illahi dan sari tilawah, yang segera akan dibawakan oleh adik kami berdua nanda Dewi Lestari dengan Ricky Prasetyo. Untuk itu segera saja kami persilahkan nanda berdua tersebut, adik Dewi Lestari dan Ricky Prasetyo kami persilahkan.

***** PEMBACAAN KALAM ILLAHI DAN SARI TILAWAH *****

Untuk pembacaan ayat-ayat al Qur’an pada contoh susunan acara pernikahan anda bisa memilih ayat-ayat sebagai berikut :

 

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.  Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui. (QS. Ar Ruum : 20-22)

 

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. An Nisaa’ [4]: 34-35)

 

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At Tahrim [66]: 6)

Hadirin yang kami hormati, sebagaimana layaknya adat kebiasaan kita maka atas nama keluarga calon mempelai wanita memberikan kesempatan kepada pihak calon  mempelai pria untuk memberikan sekapur sirih, sebagai amanat keluarga menyerahkan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita. Untuk itu segera saja kami serahkan kepada yang mewakilinya. Yang terhormat wakil keluarga calon pengantin pria kami persilahkan!

***** SAMBUTAN WAKIL CALON PENGANTIN PRIA *****

Terima kasih Bapak Drs. Widodo yang telah dengan ikhlas penuh kesungguhan telah menyampaikan amanat pengantin pria sekeluarga kepada Bapak Mohammada Amin sebagai orang tua pengantin wanita.
Selanjutnya, kiranya tepat sekali jika segera kesempatan berikutnya kami serahkan kepada pihak keluarga pengantin wanita, yang dalam hal ini akan diwakili oleh Bapak Mohammad Amin. untuk itu yang terhormat Bapak Mohammad Amin kami persilahkan!

***** SAMBUTAN WAKIL CALON PENGANTIN WANITA *****

Hadirin dan hadirat yang kami muliakan. Sementara pengantin mempelai berdua bersanding menikmati belaian kasih bak raja sehari di singgasana, kami persilahkan hadirin menikmati hidangan yang telah disajikan.
Selanjutnya seiring doa semoga mempelai berdua berbahagia bersama keluarga selamanya di atas ridla Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, marilah sejenak kita jelang acara berikutnya, yakni khutbah nikah, sekapur sirih santapan rohani tentang suka dan duka membentuk mahligai bersama bak sebuah bahtera yang senantiasa tidak sepi menerpa dan diterpa gelombang untuk menuju ke pantai impian. Untuk itu hadirin kami persilahkan mencermati dan menghayati khutbah nikah yang akan
segera disampaikan oleh Bapak Kyai H. Ali Imron. Selamat mengikuti khutbah nikah, dan kepada Bapak Kyai H. Ali Imron yang terhormat kami persilahkan!

***** KHUTBAH NIKAH OLEH BAPAK KYAI H ALI *****

Terima kasih Bapak Kyai H. Ali Imron, semoga nasehat, petuah dan kajian Bapak tadi dapat, dihayati, dan diamalkan tidak saja oleh mempelai berdua, namun juga mudah-mudahan dapat diamalkan oleh para hadirin dan hadirat semuanya. Amin!
Hadirin yang dimuliakan Allah tibalah saat yang ditunggu tunggu yaitu acara inti acara Ijab dan Qobul, Untuk itu kami persilahkan kepada Bapak Kyai H. Ali Imron, sebagai penghulu kiranya berkenan memimpin acara ijab dan qabul yang terlebih dahulu diawali dengan pemeriksaan kelengkapan,sarat dan data data kedua calon pengantin setelah dinyatakan lengkap dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pembacaan Istigfar,sholawat dan syahadat nikah. Kepada Bapak Kyai H. Ali Imron kami persilahkan!

***** ACARA INTI IJAB DAN QABUL *****

Hadirin yang dirahmati oleh Allah,

Alhamdulillahirabbil ’Alamin, baru saja kita saksikan pelaksanaan akad nikah antara saudari siti Zulaika dengan saudara  Agung, . Mudah-mudahan akad nikah ini akan selalu menjadi tali pengikat selamanya cinta kasih abadi bagi mempelai berdua. Dan semoga mempelai berdua tetap istiqomah dalam membina dan membentuk rumah tangga yang harmonis, rukun, Sakinah ma waddah wa rohmah.. Aamin YRA


Dan kepada Bapak Penghulu Kyai H. Ali Imron yang telah memimpin acara akad nikah  nanda Agung dengan Siti Zulaika kami atas nama perwakilan fihak keluarga dan pengantin mengucapkan banyak terimakasih ,

Para hadirin semua yang kami muliakan, agar mendapat syafaat dan berkah untuk pengantin dan kita semua dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa Rahman dan Rahim, maka marilah kita semua berdoa mengangkat tangan bersama-sama sekaligus mendoakan semoga  pengantin berdua tetap langgeng perkawinannya benar-benar hidup sejahtera lahir dan batin selamanya di dunia hingga akhirat, beserta sejawat, keluarga, dan kedua orang tua masing-masing.

Doa dipimpin oleh Bp Penghulu Nikah Kyai H. Ali Imron kepada Bapak Penghulu saya persilahkan,

 

******** DOA PENUTUP PROSESI **********

 

Terima kasih kepada Bapak Kyai H Ali Imron  yang telah memimpin DOA semoga doa yang telah kita panjatkan diijabahi oleh Allah , bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi kedua mempelai  dalam membina keluarga sakinah mawaddah wa rohmah.

Hadirin yang berbahagia, acara selanjutnya adalah acara penyerahan mas kawin dari pengantin pria ke pengantin wanita yang dilanjutkan menyematkan cincin dan mencium tangan mempelai pria oleh mempelai wanita, serta ditutup dengan doa dari pengantin pria :

 

****** PENYERAHAN MAHAR/MAS KAWIN*********

 

Doa Pengantin Pria

Ya Allah,
jadikanlah pernikahan kami pernikahan yang barakah
pembuka pintu rahmat bagi kami, keluarga kami dan ummat
penyempurna keislaman kami
tungku tempat kami menempa sabar dan syukur
sekolah tempat kami belajar menjadi dewasa
jalan kami menggapai cinta-Mu

Ya Allah,
ampuni dosa-dosa kami
maafkan segala khilaf kami
luruskan niat kami
sucikan hati kami
kuatkan tekad kami
bimbing kami
lindungi kami dari segala tipu daya syaitan
agar kami dapat menapaki jalan baru ini, demi menggapai ridho-Mu

Ya Allah,

anugerahkanlah kepada kami pasangan hidup kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati (kami), dan jadikan kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ 

Ya Allah! Sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan perempuan atau pembantu ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya. Dan aku mohon perlindungan kepadaMu dari kejelekan perempuan atau pembantu ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya.

 

Amiiin.

 

Selesai pengantin pria berdoa acara berikutnya adalah ACARA TANDA TANGAN sambil disaksikan oleh para hadirin semua kedua pengantin dipersilahkan untuk menandatangani SURAT KETERANGAN/BUKTI MENIKAH AGAMA yang sudah dipersiapkan dan dilanjutkan kepada wali dan para saksi saksinya,kepada kedua mempelai dipersilahkan

 

*****  ACARA TANDA TANGAN SURAT BUKTI NIKAH *****

 

Para hadirin Yang Berbahagia selanjutnya marilah kita jelang acara berikutnya yaitu TAUSIYAH yang akan disampaikan oleh bapak Kyai H.Ali Imron kepada yan terhormat bapak Kyai saya persilahkan:

 

************ ACARA TAUSIYAH **************

 

Terima kasih kepada Bapak Kyai H. Ali Imron, yang telah berkenan menyampaikan TAUSIYAHnya semoga nasehat dan petuah dari Bapak tadi dapat, dihayati, dan diamalkan tidak saja oleh mempelai berdua, namun juga dapat diamalkan oleh para hadirin dan hadirat semuanya. Amin!

acara berikutnya adalah ACARA SUNGKEMAN pengantin berdua kepada orang tua/wali yang disambung dengan acara memberikan ucapan selamat dan doa kepada kedua mempelai dari para hadirin

***** ACARA SUNGKEMAN & PEMBERIAN SELAMAT *****

Sambil menunggu selesainya acara pemberian ucapan selamat, maka kami persilahkan hadirin yang sudah selesai menuju ke tempat hidangan yang sudah kami persiapkan. Selanjutnya kami persilahkan hadirin menikmati hidangan tersebut.
Selamat bersantap malam.

***** ACARA RAMAH TAMAH  DAN SANTAP BERSAMA *****

 

Hadirin yang berbahagia!
Acara selanjutnya adalah acara penutup.

 

**** ACARA PENUTUPAN **************

Hadirin dan hadirat yang kami muliakan, dengan selesainya seluruh acara demi acara malam akad nikah nanda, Siti Zulaika dengan Agung Wiranata maka berakhirlah akad nikah malam ini. Dengan hormat, kami atas nama perwakilan keluarga menyampaikan banyak-banyak terima kasih terutama kepada Bapak Penghulu dan kepada semua yang hadir.

Sebelum acara ini kami tutup, kami selaku pembawa acara, apabila dalam kesempatan ini ada tutur kata yangkurang berkenan di hati maupun tingkah laku yang kurang sopan, maka kami mohon maaf sebesar-besarnya.

Akhirnya marilah kita tutup acara ini dengan bacaan hamdalah…Alhamdulillahirabbil ’Alamiin
Billahi Taufik wa hidayah
Wassalamualaikum Wr Wb

3 pemikiran pada “Contoh Naskah Pembawa Acara /MC Akad Nikah Agama 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s